Mudik

16 Jul 2015

Begitu terucap kata mudik, benak kita langsung memaknai pulang ke kampung halaman. Memang Betul istilah mudik itu artinya pulang ke kampung halaman untuk para kaum urban atau perantau.

Flores - NTT

Flores - NTT

Kata mudik itu sendiri berasal dari kata dasar dialek Betawi yaitu udik . Artinya adalah kampung, atau pelosok desa jauh dari peradaban modern. Dulu sebelum tahun 1980an istilah udik atau orang udik dapat mengandung pelecehan sosial atas minimnya fasilitas modern di suatu desa pinggiran, serta menempatkan strata sosial lebih rendah daripada masyarakat kota yang memiliki segala fasilitas modern.

Pemerataan pembangunan di desa-desa yang dulu dibilang udik kini sudah jauh lebih baik. Jaringan listrik, transportasi, fasilitas kesehatan, sekolah, jaringan jalan aspal, siaran televisi/radio, handphone pun dapat dinikmati di pedesaan yang dulu dibilang udik.

Mudik sekarang bukan saja milik kaum urban yang tinggal di sekitar Betawi ( Jabodetabek ). Tetapi sudah menjadi satu kata baru dalam bahasa Indonesia. Istilah itu sudah lajim di Surabaya, Bandung, Makassar, Medan dan kota-kota besar lainnya. Artinya adalah pulang ke kampung halaman tercinta.

Maka sekarang kita jarang sekali mendengar sindiran DASAR ORANG UDIK lagi.
Justru sekarang para orang udik jauh lebih bangga daripada orang-orang yang sudah lahir dan besar turun-temurun di kota besar dan tidak lagi punya sanak famili di pedesaan. Mereka tidak bisa merasakan suka-duka mudik SEPERTI SAYA.


TAGS


-

Author

Follow Me