Perpanjang Paspor Online, Secepat Makan Siang hanya Rp. 255,000 saja

31 Dec 2013

69995134aec64bda1d898c9c665c0614_logo-imigrasiMinggu ini saya sedang terkagum-kagum dengan kinerja Kantor Imigrasi. Ternyata sudah terjadi peningkatan kinerja yang tidak saya duga dengan pelayanan online pemesanan slot waktu perpanjangan paspor. Semua langkah yang saya ikuti di kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat nyasir tanpa kendala, hemat waktu dan terorganisir dengan baik.

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan dalam proses perpanjangan paspor online ke website resminya Ditjen Imigrasi :

Pertama-tama, kita harus membuka website resmi pendaftaran permohonan paspor milik Ditjen Imigrasi. Ketika kita buka, kita akan diberikan formulir yang harus diisi secara online. Pastikan data-data pribadi sudah disiapkan agar dengan mudah dan terhindar dari kesalahan. Adapun data yang diperlukan adalah Nomor KTP, Nomor passpor lama apabila memperpanjang, tempat lahir, tanggal lahir dan segala sesuatu informasi mengenai diri kita. Pastikan mengisi dengan teliti. Ksalahan megisi data pribadi akan menghambat lancarnya proses selanjutnya.

Pada saat mengisi, enaknya lagi, kita akan diberikan informasi tanggal pilihan berikut jam kapan kita dapat datang ke kantor Imigrasi. Tentunya pilihan tanggal dan waktu sangat membantu kita mengatur waktu aktivitas agar tidak berbenturan dengan waktu pengurusan paspor.

Proses pengisian formulir online disertakan email pribadi kita. Seketika setelah data lengkap dan terkirim, kita akan mendapatkan balasan email konformasi secara otomatis. Email konfirmasi diwajibkan di cetak atau print untuk ditunjukkan ke petugas di kantor Imigrasi saat waktu yang dipilih.

Saat datang ke kantor Imigrasi, pastikan kita membawa semua surat-surat baik asli maupun fotocopynya. Karena pada saat kita melapor, petugas Imigrasi yang melayani akan melakukan verifikasi data sesuai yang di input saat pendaftaran online. Setelah semua data sesuai, petugas hanya mengambil fotocopynya dan dokumen aslinya dikembalikan ke kita tanpa harus ditahan berlama-lama.

Lanjutan setelah verifikasi, kemudian proses pembayaran biaya paspor di kasir. Untuk memperpanjang, saya dikenakan hanya Rp. 255,000 resmi diberikan tanda terima tanpa tambahan apapun. Sama sekali tidak tekanan maupun himbauan untuk memberikan uang lebih. dan tanpa menunggu terlalu lama, panggilan wawancara langsung dengan petugas pun cepat dan tidak berbelit-belit. Prinsipnya saat wawancara hanya mengkonfirmasi bahwa data diri kita sudah sesuai. Ini adalah menghindari kesalahan data dan paspor terlanjur dicetak. Tidak sampai sepuluh menit wawancara, langsung pindah ke meja foto yang hanya menghabiskan waktu sekitar 5 menit. Selesai foto, langsung kita dikasih performa paspor berisikan data paspor dan nomor perporma paspor. Paspor asli dapat kita Proses pembuatan pasporpun selesai hanya menghabiskan sekitar 30 - 40 menit saja. Persis secepat waktu yang kita habiskan pada saat makan siang.

Untuk yang paspornya sudah habis masa berlakunya, atau akan membuat paspor baru, silahkan gunakan website resmi. Sekarang sudah saatnya memanfaatkan pelayanan keimigrasian tanpa harus melalui pihak ke tiga apalagi melalui calo yang tentunya akan menghabiskan biaya lebih besar.

Sayang sekali, untuk sementara pembuatan paspor online untuk sementara baru bisa dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Tetapi untuk proyek ujicoba, saya rasa sudah sukses dan sudah saatnya diperluas ke kantor Imigrasi lain seperti di kota-kota provinsi seluruh Indonesia.

Salam TAHUN BARU 2014 - Semoga segala sesuatu akan lebih baik di tahun 2014.


TAGS paspor online


-

Author

Follow Me